Home » , » Kalahkan Laos, Singapura Juara Grup B

Kalahkan Laos, Singapura Juara Grup B

Written By sigitholic on Minggu, 02 Desember 2012 | 09.13


http://portalbolanew.blogspot.comSingapura mengalahkan Laos dengan skor 4-3 di laga terakhir babak grup Piala AFF 2012. Hasil tersebut mengantarkan The Lions ke babak semifinal dengan status juara Grup B.

Bertanding di Stadion Shah Alam, Sabtu (1/12/2012) malam WIB, Laos sebenarnya mengawali laga dengan sangat baik. Mereka lebih dulu unggul dua gol lewat Khampheng Sayavutthi dan Keoviengphet Liththideth.

Menjelang turun minum, Singapura bisa memperkecil ketertinggalan melalui Shahril Ishak. Alhasil, skor 2-1 untuk keunggulan Laos di paruh pertama.

Tapi, di babak kedua Singapura mengamuk. Mereka membalikkan kedudukan menjadi 4-2 berkat gol-gol Shahril, Khairul Amri, dan Fazrul Nawaz. Gol penalti yang dicetak Khampeng tak menghindarkan Laos dari kekalahan. Singapura menang 4-3.

Dengan hasil ini, Singapura naik ke urutan teratas klasemen akhir Grup B dengan enam poin dari tiga laga. Jumlah poin Singapura sama dengan Malaysia, tapi selisih gol mereka lebih baik. Di semifinal, tim asuhan Radojko Avramovic ini akan berhadapan dengan runner-up Grup A, Filipina. 

Jalannya pertandingan

Laos mendapatkan kesempatan di menit ke-16 lewat Khampheng. Tapi, tendangan Khampeng terlalu lemah dan mudah ditangkap kiper Izwan Mahbud.

Laos membuka skor empat menit kemudian. Keoviengphet yang melakukan penetrasi ke kotak penalti Singapura mengirimkan umpan matang ke Khampeng yang berdiri tak terkawal di mulut gawang. Tanpa kesulitan, Khampeng mendorong bola ke dalam gawang.

Laos terus menebar ancaman. Mereka hampir saja menambah gol di menit ke-28, tapi tendangan bebas Sopha Saysana melayang di atas mistar.

Singapura nyaris saja menyamakan kedudukan pada menit ke-34. Sial buat mereka, sundulan Aleksandar Duric dari jarak dekat masih melenceng.

Berselang lima menit, Laos menggandakan keunggulan. Keoviengphet sendirian mengacak-acak pertahanan Singapura sebelum menaklukkan Izwan lewat tendangan keras dari dalam kotak penalti.

Di masa injury time babak pertama, Singapura mampu memperkecil ketertinggalan. Memanfaatkan umpan sundulan Safuwan Baharudin, Shahril mencocor bola ke gawang yang sudah tak terjaga.

Di awal babak kedua, Duric mendapatkan peluang. Namun, tendangannya mengarah tepat ke pelukan kiper Soukthavy Soundala.

Singapura bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-52. Shahril dengan cerdik mengecoh satu bek lawan di kotak penalti sebelum melepaskan tendangan mendatar yang tak bisa diantisipasi Soukthavy.

Dua menit kemudian, Singapura mengancam lewat Fazrul. Tapi, tendangannya bisa ditepis kiper.

Kedudukan berubah menjadi 3-2 untuk keunggulan Singapura pada menit ke-63. Tendangan bebas Khairul Amri melaju deras ke pojok gawang Laos tanpa bisa dijangkau Soukthavy.

Singapura mencetak gol keempatnya dua menit kemudian. Umpan lambung Baihakki Khaizan disambut Fazrul dengan sundulan jarak dekat dan bergetarlah gawang Laos. 

Memasuki menit ke-81, Laos mendapatkan penalti setelah Ketsada Souksavanh dijatuhkan oleh Shaiful Esah. Khampheng yang jagi algojo menunaikan tugasnya dengan baik dan membuat skor jadi 3-4.

Di sisa waktu, tak ada gol tambahan. Singapura tetap menang 4-3.

Susunan Pemain:
Singapura: Izwan, Jiayi, Bhai, Safuwan, Bennett (Khairul Amri 45'); Fahrudin; Fazrul (Isa Halim 68'), Qiu Li (Shaiful Esah 45'), Shahdan; Duric, Shahril

Laos: Sengpachan Bounthisanh (Soukhtavy Soundala 7'), Saynakhonevieng Phommapanya (Phatthana Syvilay 72'), Ketsada Souksavanh, Khampoumy Hanevilay, Soukaphone Vongchiengkham, Keoviengpheth Lithideth, Visay Phaphouvanin, Kanlaya Sysomvang, Sopha Saysana (Vilayout Sayyabounsou 67'), Kovanh Namthavixay, Khampheng Sayavutthi

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal | Bola - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger